• Sabtu, 28 Mei 2022

PPKM Level 3 Nataru Batal, Istana Sebut Kebijakan Gas Rem Jokowi

- Selasa, 7 Desember 2021 | 14:45 WIB
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko

UmatPost - Pemerintah memastikan untuk membatalkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di seluruh wilayah Indonesia pada momen libur Natal dan th. baru 2022 (Nataru).
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menjelaskan hal ini sebagai wujud kebijakan gas dan rem Presiden Joko Widodo dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Moeldoko menjelaskan kebijakan injak gas dan menarik rem idealnya sesungguhnya perlu disesuaikan dengan pertumbuhan data terkait penyebaran Covid-19.

"Untuk itu gas dan rem perlu dilakukan secara dinamis cocok dengan pertumbuhan Covid-19 di hari-hari terakhir," kata Moeldoko dalam info tertulisnya, Selasa (7/12).

Menurut Moeldoko, pemerintah memastikan untuk menerapkan kebijakan yang lebih seimbang sementara Nataru, yaitu selalu ikuti asesmen situasi pandemi cocok ketentuan yang berlaku sementara ini, tapi dengan beberapa pengetatan.

Keputusan berdasarkan capaian vaksinasi dosis pertama di Jawa-Bali yang udah menggapai 76 persen dan dosis ke dua yang mendekati 56 persen. Sementara, vaksinasi lansia konsisten digenjot hingga sementara ini menggapai 64 dan 42 persen untuk dosis 1 dan 2 di Jawa-Bali.

Menurut Moeldoko, meskipun PPKM level 3 batal diterapkan di seluruh daerah sementara Nataru, pemerintah selalu akan menerapkan sejumlah pembatasan.

Baca Juga: Jokowi Siapkan Relokasi 2.000 Rumah Terdampak Erupsi Semeru

"Untuk acara-acara kerumunan masyarakat yang diizinkan maksimal berjumlah maksimal 50 orang, pertandingan olahraga selalu tidak boleh tanpa penonton, dan operasional pusat perbelanjaan, restoran, bioskop termasuk dibatasi cuma 75 persen," terang Moeldoko.

Selain itu, pelaku perjalanan jarak jauh perlu membuktikan hasil tes negatif Covid-19, baik lewat PCR atau antigen.

Halaman:

Editor: Wahidin Noer Indra

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kebakaran di Tambora Jakbar, Satu Keluarga Tewas

Rabu, 8 Desember 2021 | 11:24 WIB

Warga Lumajang Hampiri Jokowi: Ibu Saya Meninggal, Pak

Selasa, 7 Desember 2021 | 14:06 WIB

Update Erupsi Semeru: 22 Orang Meninggal Dunia

Senin, 6 Desember 2021 | 19:54 WIB

LTMPT Rilis Jadwal dan Persyaratan SNMPTN 2022

Jumat, 3 Desember 2021 | 08:42 WIB
X