• Sabtu, 28 Mei 2022

Jokowi Siapkan Relokasi 2.000 Rumah Terdampak Erupsi Semeru

- Selasa, 7 Desember 2021 | 14:34 WIB
Presiden Jokowi mengunjungi lokasi erupsi Gunung Semeru di Lumajang Jatim, Selasa 7 Desember 2021. (BPMI Setpres)
Presiden Jokowi mengunjungi lokasi erupsi Gunung Semeru di Lumajang Jatim, Selasa 7 Desember 2021. (BPMI Setpres)

UmatPost - Presiden Joko Widodo berencana merelokasi lebih dari 2.000 tempat tinggal warga Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Relokasi dikerjakan dikarenakan rumah-rumah itu terdampak erupsi Gunung Semeru terhadap Sabtu (7/12).
Jokowi menyebutkan relokasi dapat dikerjakan sehabis suasana membaik. Saat ini, pemerintah berfokus menangani korban luka dan mencari korban hilang.

"Kemungkinan relokasi dari tempat-tempat yang kami perkirakan berbahaya untuk dihuni kembali. Tadi saya dapat laporan kurang lebih 2.000-an rumah," kata Jokowi di Lumajang, disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (7/12).

Jokowi menyampaikan pemerintah tetap membicarakan wilayah baru untuk warga. Ia berjanji dapat langsung menuntaskan relokasi ini didalam kala singkat.

Pada kunjungan itu, Jokowi juga mengecek suasana warga yang terdampak erupsi Semeru. Dia datang ke tenda-tenda pengungsian untuk beri salam warga.

"Tadi di wilayah pengungsi, saya juga inginkan meyakinkan bahwa bersama dengan pengungsi terkendali bersama dengan baik, yang terkait bersama dengan konsumsi, kesehatan, air bersih, saya kira kondisinya mulai membaik," ujarnya.

Jokowi tak lupa menyampaikan duka cita yang mendalam kepada korban dan keluarga korban erupsi Semeru. Ia berharap semua dapat langsung pulih.

Baca Juga: Taliban Izinkan Remaja Perempuan Sekolah di Pelosok Afghanistan

Jembatan darurat
Terpisah, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebutkan pemerintah tengah membicarakan membuat jembatan darurat kala untuk menghubungkan jalur Lumajang-Malang yang terputus.

"Supaya maksudnya supaya membuka antara Malang bersama dengan Lumajang terlebih untuk penanganan korban," ujar Muhadjir didalam info resminya yang dikutip Selasa (7/12).

Halaman:

Editor: Wahidin Noer Indra

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kebakaran di Tambora Jakbar, Satu Keluarga Tewas

Rabu, 8 Desember 2021 | 11:24 WIB

Warga Lumajang Hampiri Jokowi: Ibu Saya Meninggal, Pak

Selasa, 7 Desember 2021 | 14:06 WIB

Update Erupsi Semeru: 22 Orang Meninggal Dunia

Senin, 6 Desember 2021 | 19:54 WIB

LTMPT Rilis Jadwal dan Persyaratan SNMPTN 2022

Jumat, 3 Desember 2021 | 08:42 WIB
X