Gunung Semeru Kembali Erupsi 3 Kali, Warga Diminta Waspada

- Selasa, 7 Desember 2021 | 11:09 WIB
Gunung meletus (Dok. Pixabay.com)
Gunung meletus (Dok. Pixabay.com)

UmatPost - Gunung Semeru kembali erupsi, Selasa (7/12). Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat Semeru mengalami erupsi tiga kali sejak dini hari sampai pagi tadi.
Berdasar penjelasan PVMBG di account Twitter @PVMBG, erupsi pertama terjadi terhadap pukul 01.02 WIB dengan tinggi kolom abu teramati tidak cukup lebih 1.000 meter di atas puncak. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 20 mm dan durasi 297 detik.

Kemudian, erupsi Semeru kembali terjadi terhadap pukul 02.44 WIB. Erupsi ke-2 ini terjadi dengan durasi 454 detik. Terakhir Semeru erupsi terjadi pukul 05.54 WIB dengan tinggi kolom abu mencapai tidak cukup lebih 1.000 m di atas puncak.

"Kolom abu teramati berwarna putih, kelabu sampai coklat dengan intensitas sedang sampai tebal ke arah tenggara. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 267 detik," demikianlah mengutip laman formal PVMBG, Selasa (7/12).

Baca Juga: Sulsel Diguyur Hujan, SAR Evakuasi Warga dari Banjir Makassar

PVMBG mengimbau supaya masyarakat sekitar tidak beraktivitas di dalam radius 1 km dari kawah atau puncak Semeru dan jarak 5 km arah bukaan kawah di sektor tenggara-selatan, serta mewaspadai awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru.

Radius dan jarak petunjuk ini dapat dievaluasi tetap untuk antisipasi terkecuali terjadi tanda-tanda pergantian ancaman bahaya.

Masyarakat termasuk diminta menjauhi atau tidak beraktivitas di area terdampak material awan panas dikarenakan selagi ini suhunya tetap tinggi. PVMBG termasuk berharap masyarakat mewaspadai potensi luncuran di sepanjang lembah jalan awan panas Besuk Kobokan.

"Mewaspadai ancaman lahar di kronologis sungai/lembah yg berhulu di Gunung Semeru, mengingat banyaknya material vulkanik yang sudah terbentuk," demikianlah keterangan formal PVMBG.

Berdasarkan knowledge Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per Senin (6/12) pukul 17.30, sebanyak 22 orang meninggal akibat erupsi Semeru. Sebanyak 27 orang tetap dinyatakan hilang akibat erupsi.

Halaman:

Editor: Wahidin Noer Indra

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kebakaran di Tambora Jakbar, Satu Keluarga Tewas

Rabu, 8 Desember 2021 | 11:24 WIB

Warga Lumajang Hampiri Jokowi: Ibu Saya Meninggal, Pak

Selasa, 7 Desember 2021 | 14:06 WIB

Update Erupsi Semeru: 22 Orang Meninggal Dunia

Senin, 6 Desember 2021 | 19:54 WIB

LTMPT Rilis Jadwal dan Persyaratan SNMPTN 2022

Jumat, 3 Desember 2021 | 08:42 WIB
X