• Kamis, 11 Agustus 2022

Pakar soal PPKM Level 3 Nataru Batal: Gamang, Lebih Fokus Ekonomi

- Selasa, 7 Desember 2021 | 10:54 WIB
Ilustrasi - TNI-Polri akan memperketat aturan PPKM level 3 pada Libur Nataru, guna mencegah penyebaran Covid-19 varian Omicron.. /Twitter/@TMCPoldaMetro
Ilustrasi - TNI-Polri akan memperketat aturan PPKM level 3 pada Libur Nataru, guna mencegah penyebaran Covid-19 varian Omicron.. /Twitter/@TMCPoldaMetro

Umatapsot - Pengamat kebijakan publik Universitas Trisakti Trubus Rahardiansyah mengkritik ketentuan pemerintah batal menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di semua wilayah Indonesia terhadap era libur Natal dan tahun baru 2022 (Nataru). Menurut dia, ini perlihatkan pemerintah gamang hadapi Nataru.
Menurut Trubus, pemerintah tidak miliki data pasti sebelum menyita kebijakan ini. Ia menilai, ketentuan pemerintah pada mulanya hanya berdasarkan pengalaman tahun lalu.

"Ini mengindikasikan pemerintah gamang untuk hadapi Nataru ini. Karena pada mulanya untuk memilih kami ada gelombang ketiga juga belum ada datanya, yang ada hanya data th. lalu, sehabis libur Nataru terjadi lonjakan horor," ungkap Trubus kala dihubungi, Selasa (7/12).

Jika berkaca terhadap th. lalu, penularan virus corona (Covid-19) melonjak tajam usai moment libur Nataru. Padahal, pemerintah juga memberlakukan sejumlah pengetatan kala ini.

Trubus kuatir dengan batalnya PPKM Level 3 kali ini lonjakan penularan kasus kembali melonjak. Pasalnya, keputusan pengetatan selama ini diprediksi tidak akan memadai mampu menghambat mobilitas masyarakat.

Baca Juga: Pengendara Motor Berbaju Loreng Masuk Tol Bekasi Ikuti Mobil TNI

Lebih Fokus Urus Ekonomi
Trubus juga lihat kebijakan pemerintah kala ini telah lebih condong ke arah pemulihan ekonomi ketimbang kesegaran masyarakat. Sebab, ia menilai, ekonomi akan kembali terdampak jika pemerintah kembali menerapkan PPKM Level 3 terhadap libur Nataru.

"Jadi sebenarnya jika satu tempat apabila level 2, yang satu level 3, itu aja tidak akan efektif. sebab tiap-tiap tempat melepaskan orang masuk. Kalau dulu semua level 3 kan, semua tempat terkendali, namun risiko ekonominya berat bagi pemerintah," tuturnya.

Pemerintah pada mulanya batal menerapkan PPKM Level 3 di semua wilayah Indonesia terhadap era libur Natal dan th. baru (Nataru). Kebijakan itu diambil dengan memperbandingkan penanganan pandemi kala ini dengan th. lalu.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut tes dan telusur jadi salah satu pertimbangan. Menurutnya, kuantitas tes dan telusur kala ini telah jauh lebih tinggi dibanding akhir th. lalu.

Halaman:

Editor: Wahidin Noer Indra

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kebakaran di Tambora Jakbar, Satu Keluarga Tewas

Rabu, 8 Desember 2021 | 11:24 WIB

Warga Lumajang Hampiri Jokowi: Ibu Saya Meninggal, Pak

Selasa, 7 Desember 2021 | 14:06 WIB

Update Erupsi Semeru: 22 Orang Meninggal Dunia

Senin, 6 Desember 2021 | 19:54 WIB

LTMPT Rilis Jadwal dan Persyaratan SNMPTN 2022

Jumat, 3 Desember 2021 | 08:42 WIB
X