• Sabtu, 28 Mei 2022

Survei BI: Keyakinan Konsumen Terhadap Ekonomi RI Meningkat

- Rabu, 8 Desember 2021 | 12:29 WIB
Gedung Bank Indonesia/Pikiran Rakyat.com
Gedung Bank Indonesia/Pikiran Rakyat.com

UmatPost - Bank Indonesia (BI) menunjukkan keyakinan pembeli didalam negeri atas keadaan ekonomi Indonesia meningkat pada November 2021 kemarin.
Itu mereka dasarkan pada Survei Konsumen Bank Indonesia pada November 2021 kemarin. Dari hasil survei didapati fakta bahwa Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) sebesar 118,5 pada November kemarin.

Itu lebih tinggi dibandingkan Oktober yang hanya 113,4. BI menunjukkan berasal dari hasil survei itu mereka juga memperoleh uraian bahwa IKK meningkat pada seluruh kategori pengeluaran dan kelompok usia responden.

Secara spasial, IKK meningkat di sebagian besar kota yang disurvei. Peningkatan tertinggi terjadi di Pontianak, diikuti oleh Palembang dan Mataram.

Baca Juga: JNE Akan PHK Pegawai dan Putus Kontrak Mitra Terlibat Lowongan SARA

BI didalam pengakuan yang mereka sampaikan pada Rabu (8/12) ini menunjukkan penguatan keyakinan pembeli pada November 2021 didorong oleh perbaikan persepsi pembeli pada keadaan ekonomi pas ini.

Terutama, persepsi pada ketersediaan lapangan kerja dan pendapatan pas ini. Peningkatan selanjutnya seiring dengan terus membaiknya kesibukan ekonomi dan pendapatan penduduk didorong meningkatnya mobilitas seiring berlanjutnya pelonggaran pembatasan mobilitas.

Ekspektasi pembeli pada keadaan ekonomi mendatang juga tercatat membaik ditopang kenaikan pada seluruh indeks pembentuknya, dengan peningkatan tertinggi pada indeks ekspektasi kesibukan usaha.

 

(mp)

Halaman:

Editor: Wahidin Noer Indra

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Syarat Naik Pesawat Selama Libur Nataru

Selasa, 7 Desember 2021 | 11:57 WIB

Melirik Sederet Perumahan Baru di Jabodetabek

Selasa, 7 Desember 2021 | 11:52 WIB

Mayoritas Aset Kripto Hijau, Dogecoin Lompat 5,14 Persen

Selasa, 30 November 2021 | 10:59 WIB

Cara Ganti Kartu ATM BCA Berbasis Chip

Selasa, 30 November 2021 | 10:53 WIB
X