Pemerintah Hanya Izinkan Mal Terisi 75 Persen Selama Nataru

- Senin, 6 Desember 2021 | 16:56 WIB
Ilustrasi mall sepi (Mike Mike dari Pixabay)
Ilustrasi mall sepi (Mike Mike dari Pixabay)

UmatPost - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkap kapasitas pengunjung bermacam tempat publik, seperti pusat perbelanjaan atau mal, restoran, dan lainnya maksimal cuma 75 prosen berasal dari total kapasitas sepanjang momen libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).
Hal ini sejalan dengan permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) supaya penerapan batas kapasitas maksimal dibarengi dengan jumlah maksimal pengunjung sebanyak 50 orang dalam satu tempat.

"Kegiatan-kegiatannya akan dirinci menjadi aktivitas maksimal di mal, restoran maksimal 75 persen, dan di bermacam aktivitas 75 persen, tetapi tersedia pembatasan jumlahnya yang dimaksimalkan 50 orang," ungkap Airlangga waktu konferensi pers hasil evaluasi PPKM, Senin (6/12).

Airlangga menyatakan ketentuan ini termasuk berlaku untuk kegiatan-kegiatan perkumpulan masyarakat lainnya. Namun, ia belum merinci lebih lanjut aktivitas perkumpulan seperti apa saja yang dimaksud.

Baca Juga: Komisaris KSI Ajak Erick Taruhan Rp1 M soal Krakatau Steel Bangkrut

"Bapak Presiden termasuk memberi tambahan saran bahwa kegiatan-kegiatan yang berkumpul untuk bermacam aktivitas maksimal 50 orang," imbuh Airlangga.

Nantinya, sambung Airlangga, peraturan lebih rinci akan diterbitkan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam bentuk Instruksi Mendagri (Inmendagri) khusus.

"Untuk Nataru nanti akan ikuti level yang disesuaikan sesuai dengan WHO," ucapnya.

Di segi lain, pemerintah termasuk melarang aktivitas berlibur bagi masyarakat yang belum divaksin. Sementara, mereka yang sudah divaksin boleh jalankan perjalanan (traveling).

"Yang traveling mereka yang sudah divaksin, artinya yang tidak divaksin atau belum divaksin tidak jalankan traveling," tahu Airlangga.

Halaman:

Editor: Wahidin Noer Indra

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Syarat Naik Pesawat Selama Libur Nataru

Selasa, 7 Desember 2021 | 11:57 WIB

Melirik Sederet Perumahan Baru di Jabodetabek

Selasa, 7 Desember 2021 | 11:52 WIB

Mayoritas Aset Kripto Hijau, Dogecoin Lompat 5,14 Persen

Selasa, 30 November 2021 | 10:59 WIB

Cara Ganti Kartu ATM BCA Berbasis Chip

Selasa, 30 November 2021 | 10:53 WIB
X