Putin Desak WHO Segera Izinkan Vaksin Sputnik

- Senin, 6 Desember 2021 | 16:39 WIB
Presiden Rusia, Vladimir Putin
Presiden Rusia, Vladimir Putin

UmatPost - Presiden Rusia, Vladimir Putin, mendesak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sehingga segera mengeluarkan izin untuk vaksin Covid-19 buatan negaranya, Sputnik V.
Putin menilai izin vaksin Sputnik ini bisa menaikkan distribusi vaksin itu secara global. Menurut Putin, izin itu dibutuhkan sehingga Sputnik bisa disebarluaskan secara global, juga untuk skema pertolongan global.

"Kami berniat memperluas pertolongan semacam itu," kata Putin, dikutip berasal dari Associated Press.

Tak cuma itu, Putin menilai izin itu juga bisa mengimbuhkan akses bagi masyarakat Rusia dan masyarakat lain yang beroleh vaksin Sputnik sehingga bisa bepergian ke luar negeri bersama dengan lebih bebas.

Putin mengimbuhkan bahwa kala ini telah lebih berasal dari 200 juta masyarakat dunia beroleh vaksin Sputnik.

Sementara itu, WHO masih meninjau knowledge berkenaan vaksin Sputnik sebagai anggota berasal dari proses untuk beroleh izin. Jika telah ada, izin berasal dari WHO bisa mengakibatkan vaksin Sputnik masuk dalam program vaksinasi international COVAX.

Baca Juga: Thailand Deteksi Covid Omicron Pertama, Susul Malaysia dan Singapura

Putin sendiri telah mengikuti empat kali vaksinasi. Putin menerima vaksin keempatnya saat ia menjadi relawan vaksin Sputnik yang disemprotkan melalui hidung.

"Hari ini, setelah dua prosedur, injeksi dan (vaksin) hidung untuk anggota kedua, aku telah berolahraga pagi ini. Jadi aku bersaksi bahwa seluruh (vaksinasi) bekerja seperti yang dikatakan ilmuwan kami," kata Putin.

Vaksin Sputnik V juga sempat menuai kontroversi. Beberapa masyarakat asing mengkritik kebijakan Rusia yang bersama dengan cepat menyetujui pemanfaatan vaksin ini.

Halaman:

Editor: Wahidin Noer Indra

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengungsi Rohingya Gugat Facebook Rp2.165 Triliun

Selasa, 7 Desember 2021 | 11:32 WIB

Putin Desak WHO Segera Izinkan Vaksin Sputnik

Senin, 6 Desember 2021 | 16:39 WIB
X