Thailand Deteksi Covid Omicron Pertama, Susul Malaysia dan Singapura

- Senin, 6 Desember 2021 | 16:34 WIB
Varian baru virus Covid Omicron.  (NIKKEI)
Varian baru virus Covid Omicron. (NIKKEI)

UmatPost - Setelah Malaysia dan Singapura, Thailand termasuk mendeteksi persoalan Covid-19 varian Omicron untuk pertama kalinya pada hari ini, Senin (6/12).
Direktur Jenderal Departemen Pengendalian Penyakit Thailand, Opas Karnkawinpong, mengatakan bahwa pasien itu masuk ke negara itu dari Spanyol pada akhir bulan lalu.

"Kasus terkonfirmasi pertama varian Omicron adalah pria 35 th. berkewarganegaraan AS yang sempat tinggal di Spanyol selama setahun," kata Opas, dikutip dari Reuters.

Opas Karnkawinpong mengatakan bahwa persoalan ini menjadikan Thailand sebagai negara ke-47 yang mendeteksi persoalan varian Omicron. Ia termasuk menyampaikan bahwa pasien mengalami gejala ringan.

Otoritas kesegaran Thailand kemudian laksanakan tes lebih lanjut pada orang-orang yang sempat berjumpa bersama dengan pria AS tadi.

Sebelumnya, Thailand melarang masuk pelancong dari lebih dari satu negara Afrika akibat kemunculan varian Omicron. Beberapa negara tadi ialah Botswana, Eswatini, Lesotho, Malawi, Mozambik, Namibia, Afrika Selatan, dan Zimbabwe.

Baca Juga: Universitas Brawijaya Ungkap Novia Widyasari Pernah Laporkan Pelecehan

Pada Senin (6/12), Thailand melaporkan penambahan persoalan harian Covid-19 sebanyak 4.000. Kenaikan angka kematian di hari yang serupa capai 22 kasus.

Penambahan ini mengakibatkan total infeksi virus corona di Thailand capai lebih dari 2,1 juta persoalan bersama dengan 20.966 kematian termasuk sejak awal pandemi.

Sementara itu, baru lebih dari 57 prosen populasi Thailand yang udah terima dua dosis vaksin Covid.

Halaman:

Editor: Wahidin Noer Indra

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengungsi Rohingya Gugat Facebook Rp2.165 Triliun

Selasa, 7 Desember 2021 | 11:32 WIB

Putin Desak WHO Segera Izinkan Vaksin Sputnik

Senin, 6 Desember 2021 | 16:39 WIB
X