Covid Afsel Naik Dua Kali Lipat dalam Sehari waktu Geger Omicron

- Kamis, 2 Desember 2021 | 13:03 WIB
Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Omicron, Varian Baru COVID-19 dari Afrika Selatan
Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Omicron, Varian Baru COVID-19 dari Afrika Selatan

UmatPost - Afrika Selatan mencatat kenaikan masalah harian Covid-19 dua kali lipat dalam 24 jam hingga Rabu (1/12) di tengah kemunculan virus corona varian Omicron.
Berdasarkan knowledge formal yang dikutip Associated Press, masalah Covid-19 di Afrika Selatan naik berasal dari 4.373 pada Selasa (30/12) ke angka 8.561 pada Rabu.

Dengan laporan ini, positivity rate di Afsel naik menjadi 16,5 % berasal dari pada mulanya 1 % pada awal November lalu.

Para ilmuwan di Afsel menjelaskan bahwa negaranya sesungguhnya udah bersiap mengalami lonjakan pesat masalah Covid-19 usai mendeteksi varian Omicron pekan lalu.

"Ada mungkin kami benar-benar mengalami dua kali lipat atau tiga kali lipat masalah seiring waktu berjalan," ujar virologi regional untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Nicksy Gumede-Moeletsi.

Peningkatan masalah terhitung seiring bersama kenaikan rawat inap pasien Covid-19 di tempat tinggal sakit. Namun, sejauh ini RS tetap dapat mengendalikan.

Meski demikian, para ahli menilai amat dini menyebut varian Omicron menjadi pemicu lonjakan masalah Covid-19 di Afsel, walaupun amat memungkinkan.

Baca Juga: Korsel Rekor Covid Lagi, Batal Longgarkan Karantina demi Cegah Omicron

Gumede-Moeletsi mengatakan, sejumlah laboratorium di Afrika Selatan dan Botswana bergegas laksanakan pengurutan genom kegunaan mempelajari masalah Omicron.

Hal berikut terhitung untuk lihat apakah varian ini punyai tingkat penularan yang signifikan, menyebabkan penyakit serius, atau kebal vaksin.

Halaman:

Editor: Wahidin Noer Indra

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengungsi Rohingya Gugat Facebook Rp2.165 Triliun

Selasa, 7 Desember 2021 | 11:32 WIB

Putin Desak WHO Segera Izinkan Vaksin Sputnik

Senin, 6 Desember 2021 | 16:39 WIB
X